Minggu, 17 Juni 2012

kumpulan resep menu buka puasa 2012



Resep Menu Berbuka Puasa Terbaru 2012 Jika anda sudah bosan dengan resep berbuka puasa dengan yang itu-itu saja. kali ini fathur-net akan coba berbagi sedikit resep yang terbaru untuk menu berbuka puasa, semoga beberapa resep menu berbuka puasa dari saya ini cocok di lidah para pemirsa sekalian. oke mari kita tengok resep nya di......bawah.
Resep Menu Berbuka Puasa Terbaru 2012
Resep Berbuka Puasa : Kolak Pisang


Membuat Kolak yang Enak Menu Buka Puasa Membuat Kolak yang Enak : Menu Buka Puasa
Kolak pisang yang enak, tampilannya harus memikat. Kuah santannya cokelat terang, tidak terlalu kental, santannya pas kentalnya dan rasanya legit wangi. Tidak sulit bikin kolak yang sedap. Ikuti saja beberapa tips ini:
Pisang :
Pisang untuk kolak bisa pisang raja, pisang oli, pisang tanduk, pisang kepok atau raja nangka. Pilih yang masak pohon agar rasanya manis enak dan tidak keras sepet. Jika memakai pisang raja sebaiknya kukus dulu pisang. Karena pisang raja biasanya membuat kuah kolak kebiruan jika direbus bersama santan. Kupas pisang lalu potong-potong ukuran sedang.
Santan:
Untuk rasa gurih manis sebaiknya pakai santan dari kelapa segar. Peras air santan hingga mendapatkan yang sedang kekentalannya. Pilih kelapa yang merah karena jika memakai kelapa hijau santan agak dekil warnanya.
Gula :
Gunakan gula aren atau gula Jawa yang bersih dan agak gelap warnanya agar warna kolak menjadi karamel cantik. Sisir halus gula Jawa, masak bersama 20% gula putih (dari jumlah seluruh gula) dengan sedikit air hingga larut. Saring air gula ini agar kolak bersih. Tambahan sedikit gula pasir akan membuat kolak lebih legit atau tidak asam.
Pandan:
Tambahkan beberapa helai daun pandan agar aroma kolak lebih enak. Rebus santan, air gula kental dan daun pandan hingga mendidih dengan api kecil. Masukkan pisang, atau tambahan ubi dan buah atap. Rebus hingga pisang lunak.
Bahan Tambahan:
Agar kolak enak dan padat isinya bisa ditambahkan ubi, labu kuning dan buah atap dalam isiannya. Untuk menambah aroma bisa ditambahkan nangka, tapi singkong atau kurma. Masukkan bahan ini setelah pisang lunak karena nangka, tapai dan kurma sudah matang. Didihkan sebentar lalu angkat.

Leave a Reply

 
 

Blog Archive

Daftar Blog Saya

Blogger news