Minggu, 17 Juni 2012

6 tips jitu bagi fotografer pemula


Fotografi merupakan suatu hobi yang membutuhkan pengalaman dan latihan. Seorang fotografer pemula harus belajar mengenai dasar-dasar fotografi jika ia ingin dapat memotret dengan baik.
Selain itu, ia juga harus rajin membaca tutorial mengenai fotografi ataupun rajin berdiskusi dengan orang lain. Saat ini di internet pun sudah tersedia beragam komunitas fotografi, baik lokal maupun internasional, baik itu profesional ataupun pemula.

Headline
IST
Di era digital ini setiap orang dapat memotret. Tidak susah, hanya tinggal membidik, tekan tombol, dan jadi. Bahkan anak kecil pun mampu melakukan hal tersebut. Namun untuk dapat memotret dengan baik, tentu saja ada teknik-teknik tertentu yang harus kita pelajari dan ikuti.
Berikut ini adalah 6 hal non-teknis yang perlu diketahui untuk dapat semakin meningkatkan kreatifitas dan juga kualitas foto hasil jepretan kita.

1. Bawalah selalu kamera kita
Salah satu alasan mengapa orang banyak kehilangan momen penting adalah karena mereka tidak membawa kamera saat momen itu terjadi. Tidak perlu repot-repot membawa kamera berat yang lengkap dengan segala peralatannya.
Kamera saku digital sudah cukup bagus untuk selalu dibawa kemanapun kita pergi. Dengan membawa kamera di saku kita, kita akan selalu tertarik untuk melakukan pemotretan.

2. Potret lagi dan lagi
Jangan ragu untuk selalu memotret, karena kita tidak akan pernah merasa cukup melakukan pemotretan. Ken Rockwell, salah satu fotografer profesional, menyatakan bahwa ia sudah mengambil sekitar 30.000 foto dengan Nikon D3 dan 20.000 foto dengan Nikon D700, belum termasuk foto-foto lainnya dengan kamera lain.
Ia terus berlatih dan berlatih untuk menuju kesempurnaan hasil jepretannya. Di era kamera digital ini tak ada ruginya menjepret puluhan foto untuk satu obyek tertentu, toh tinggal menghapusnya nanti jika tidak bagus.

3. Percayalah pada mata
Hanya diri kita sendiri yang bisa mengetahui apakah obyek tertentu akan bagus untuk diabadikan atau tidak. Kita bisa saja belajar teknik-teknik tertentu, tapi akhirnya semua akan kembali pada kita untuk menggunakannya.
Bidik, jelajahi obyek dengan viewfinder dan temukan bagian yang bagus untuk difoto.

4. Teruslah melatih mata kita
Salah satu hal yang membuat seorang fotogafer bisa mendapatkan foto yang bagus adalah karena matanya jeli menangkap momen. Hal ini memerlukan latihan.
Dengan seringnya kita berlatih mata kita akan semakin awas dan mampu membayangkan suatu obyek atau kejadian yang ada di depan mata kita ‘dibingkai’ di dalam frame foto.
Jangan lupa juga untuk selalu mengamati hasil foto kita. Lakukan kritik pada diri kita sendiri, cari kekurangan dan kelebihan dari foto tersebut. Pikirkan juga cara untuk mengatasi kesalahan tersebut. Kalau perlu diskusikanlah dengan orang lain. Dengan demikian di foto-foto berikutnya kesalahan itu bisa diminimalisir.

5. Kenali kamera kita
Ini merupakan sesuatu yang wajib. Dengan mengenali kamera kita seperti kita mengenali diri kita sendiri, kita tidak akan melakukan kesalahan dalam pengoperasian kamera kita.
Tentunya kita tidak ingin melewatkan satu momen penting hanya karena kita tidak tahu berapa lama yang dibutuhkan kamera kita untuk siap. Tidak perlu hafal semua fitur yang ada di kamera kita. Tapi paling tidak kita tahu karakteristik dari kamera yang kita gunakan.

6. Lakukan eksperimen pada hasil foto
Saat ini banyak sekali software untuk mempercantik bahkan memanipulasi hasil foto. Bagaimana foto yang ‘biasa saja’ bisa menjadi luar biasa dengan program editing ini.
Program paling terkenal adalah Photoshop yang menjadi acuan bagi para fotografer dewasa ini. Jangan takut untuk melakukan eksperimen, buatlah hasil foto yang luar biasa dengan program ini.
Untuk itu jangan lupa kita harus selalu membuat backup dari foto kita. Bekerjalah di file backup tersebut, dan simpanlah file aslinya. Dengan demikian kita selalu mempunyai file hasil jepretan asli untuk melakukan eksperimen lain.
Selamat mencoba…

Leave a Reply

 
 

Blog Archive

Daftar Blog Saya

Blogger news