ALQURAN turun di Makah (Arab Saudi), di tengah-tengah masyarakat yang hidup dalam peradaban jahiliyah. Yakni, masyarakat yang menuhankan hawa nafsu, materi, kehormatan, dan pangkat-jabatan.

Dalam masyarakat ini, akal sehat tidak berjalan lagi, hati nurani tidak bisa membedakan antara kebaikan dan keburukan. Kekerasan merajalela. Kekayaan, kehormatan, dan kemasyhuran adalah cita-cita hidup dan nilai-nilai yang berkembang. Masyarakat kecil tertindas. Tidak ada tempat bagi kaum lemah. Yatim piatu, janda-janda tua, menjadi bulan-bulanan korban kezaliman. Banyak surat-surat (dalam Alquran-Red) yang turun di Makah menyuarakan pembebasan atau liberation, yakni tentang hak-hak yatim piatu, kaum lemah, yang secara umum ayatnya ditujukan pada manusia atau naas, sebuah ajakan universal yang tidak terbatas pada kaum beriman.

Surat Al-Maaun, Al-Humazah, serta Abasa adalah surat-surat Makkiyah yang secara eksplisit memihak kaum lemah di Makah.

Alquran memperkenalkan akal sehat sebagai inti keberagaman seseorang. Ayat tentang pentingnya budaya baca, iqra’, adalah wahyu Allah pertama yang diterima Rasul Muhammad. Ayat ini mengajarkan la diina liman la aqla lah (tidak beragama mereka yang tidak menggunakan akal sehatnya).

Dengan kehadiran Alquran, bangsa Arab yang tadinya tidak diperhitungkan dalam peradaban dunia, kemudian menjadi bangsa yang terpandang, dan Hijaz menjadi pusat inspirasi serta starting point kemajuan dunia Islam pada abad-abad berikutnya (abad ke-7 – abad ke-12).

Budaya Baca

Alquran memberikan pedoman bagi umat Islam untuk menyikapi dunia dengan benar sesuai dengan sunnatullah. Ajaran tentang pentingnya budaya baca, iqra’ misalnya, jika dilaksanakan secara konsisten dan proporsional akan membawa kemajuan pada individu, masyarakat, dan peradaban bangsa secara keseluruhan. Jika dewasa ini budaya baca berpindah ke Amerika Serikat, yakni perpustakaan-perpustakaan kampus buka sampai tengah malam, maka tidak bisa disangkal lagi bahwa bangsa Amerikalah yang menjadi bangsa yang terdepan dan terkuat saat ini.

Nabi Muhammad dengan ajaran Alqurannya menekankan bahwa orang yang beriman dan kuat (berkualitas) lebih mulia dalam pandangan Allah dibanding dengan mukmin yang lemah. Menjadi mukmin idealnya menjadi manusia yang berkualitas. Surat Mu’minun mengajarkan bahwa mukmin adalah individu yang menang, sukses dengan ciri-ciri melakukan salat secara khusuk, produktif, mengendalikan hawa nafsu, menjaga amanah dan salat-salatnya, serta menepati janji.

Ciri lain orang yang beriman adalah tatkala nama Allah disebutkan, hati dia akan bergetar dan saat Alquran dibacakan, imannya akan bertambah (Al-Anfal: 2).

Ajaran Alquran yang terakhir disebut juga telah dialami oleh Kapten Couesteau, penjelajah bawah laut termasyhur level internasional, dari Prancis. Yang mendorong dia masuk Islam adalah setelah dia sekian lama melakukan eksplorasi dan observasi dunia bawah laut, yakni tempat pertemuan air laut Atlantik dan Mediterania. Ternyata pertemuan air dua laut tersebut tidak membawa percampuran satu sama lain. Dua air ini telah bertemu satu sama lain di Gibraltar ribuan tahun.

Semestinya jumlah besar dua air ini akan bercampur satu sama lain dan memiliki identitas yang sama atau paling tidak ada percampuran salinitas serta densitas. Tapi anehnya, hal itu tidak terjadi.

Sewaktu Captain Cousteau bercerita keajaiban fenomena ini pada Prof Maurice Bucaille yang ahli Alquran itu, dia memperoleh jawaban bahwa fenomena tersebut tidak aneh karena sudah tertulis dalam Alquran secara jelas. Memperoleh jawaban ini, Captain Cousteau yakin bahwa Alquran Al-Karim adalah kalam Ilahi. Tepatnya, ayat yang dimaksud adalah surat Al-Rahman 19-20, dan 22 yang artinya: ”Dan ketika dua lautan bertemu, antara keduanya terdapat batas yang tidak saling melewati, maka nikmat Tuhan yang mana lagi yang engkau ingkari (subhanallah).”

Bagi kita rakyat Indonesia yang saat ini mengalami krisis dalam banyak hal, Alquran mendorong kita untuk bekerja sama, tolong-menolong dalam meraih kebaikan.

Nabi juga memberikan contoh upaya menggalakkan solidaritas sosial. Tidaklah termasuk orang yang beriman, mereka yang tidak menyayangi sesamanya. Juga imannya dipertanyakan, mereka yang tidak mencintai tetangganya atau lingkungannya. Ajaran yang terakhir ini tentu bisa kita kiyaskan bahwa kepedulian lingkungan, cinta Jawa Tengah, dan cinta Tanah Air adalah bagian dari iman. Kegiatan siskamling, jika didasari niat tulus cinta lingkungan, lillahi ta’aala, maka termasuk dalam kategori ibadah dengan landasan iman. Sebaliknya, jika seseorang tidak peduli terhadap lingkungannya, imannya diragukan.

Sesungguhnya, kata kaum bijak, tanda-tanda iman bisa dilihat dari takwa, malu, syukur, serta sabar, pengendalian diri. Seperti urutan pertama yang terlihat, takwa adalah ciri utama kaum yang beriman. Takwa pada dasarnya adalah kedekatan diri secara ma’nawi pada Allah. Kedekatan diri secara ma’nawi tidak dibatasi ruang dan waktu, di mana saja, kapan saja Allah bersama orang yang bertakwa. Dengan kata lain, manusia takwa adalah manusia yang bisa diandalkan tatkala diberi kepercayaan oleh orang lain. Sifat inilah yang harus ditegakkan saat reformasi sekarang.

***

Dr Abdurrahman Mas’ud, dosen IAIN Walisongo, dikutip dari: Harian Suara Merdeka Selasa, 28 Desember 1999