Sabtu, 17 Maret 2012

Hemat Listrik Saat Menggunakan Komputer

Hemat listrik termasuk saat menggunakan komputer sangat penting artinya. Perilaku yang bijak dalam menggunakan peralatan listrik termasuk komputer bukan hanya sekedar mengurangi pengeluaran bulanan saja tetapi mampu memberikan pengaruh yang signifikan dalam mengatasi krisis energi di Indonesia dan mengurangi dampak pemanasan global. Sikap hemat listrik dalam menggunakan komputer ini seharusnya menjadi sesuatu yang mutlak bagi orang-orang yang setiap hari berkutat dengan komputer termasuk bagi para blogger.

Untuk Apa Musti Hemat Listrik?. Berhemat dalam mengonsumsi listrik mampu menekan ancaman pemanasan global. Ini mengingat sektor ketenagalestrikan menghasilkan sekitar 40 persen emisi karbon. Artinya, semakin tinggi konsumsi listrik maka semakin tinggi pula emisi karbon yang dihasilkan dari pembangkit listrik yang 60 persen diantaranya masih menggunakan bahan bakar fosil. Sementara pembakaran bahan bakar fosil menjadi penyebab utama terjadinya pemanasan global, yang berdampak pada meningkatnya suhu bumi secara global.

Di lain sisi, sekitar 45 persen penduduk Indonesia yang belum dapat menikmati listrik. Dan kita yang mempunyai akses listrik sering kali terlalu boros dalam memakai listrik. Permintaan listrik yang meningkat, perilaku boros, dan terbatasnya kapasitas pembangkit listrik membuat Indonesia mengalami krisis listrik sehingga sering kali mengalami pemadaman bergilir.

Cara Hemat Listrik Komputer. Bagi sobat-sobat yang setiap hari bekerja dengan komputer sudah waktunya untuk berhemat. Sikap hemat ini tidak hanya dengan mematkan listrik ketika sedang ada event lingkungan semacam Earth Hour, World Silent Day, dan Hari Lingkungan Hidup saja tetapi musti kita terapkan setiap hari.

Untuk berhemat listrik dalam memakai komputer ada beberapa hal yang bisa dilakukan seperti;

1. Fungsikan dan setting fasilitas power management komputer.

Aktifkan (enable) fasilitas power management sehingga ketika sobat terlupa atau tidak sempat untuk mematikan komputer, komputer akan mati dengan otomatis sesuai dengan setting yang kita buat. Jadi ketika sobat lelah blogwalking kemudian tertidur di depan komputer, komputer tidak akan hidup hingga pagi.

Cara menngaktifkan fasilitas power management cukup mudah hanya dengan masuk ke ‘Control Panel’ > Power Options’, kemudian lakukan setting:

  • Turn off monitor; isilah semisal ‘After 15 minutes’ sehingga layar monitor akan mati setelah 15 menit tidak ada aktivitas di komputer.
  • Turn off hard disks: isilah semisal ‘After 1 hour’ yang artinya semua harddisk akan dimatikan setelah satu jam tidak ada aktivitas di komputer.
  • System standby: isilah semisal ‘After 30 minutes’ sehingga komputer akan akan mati sementara setelah 30 menit tidak ada aktivitas di komputer.
  • System hibernate: isilah semisal ‘After 1 hours’ berarti komputer akan akan mati sementara setelah tiga jam tidak ada aktivitas di komputer. Jangan lupa pada tabulasi Hibernate pilih enable hibernation.

Dalam mode standby dan hibernate pekerjaan atau program yang sedang dijalankan tidak akan hilang sehingga saat komputer dinyalakan keaadaan akan kembali seperti semula.

2. Matikan atau suspend komputer saat meninggalkan komputer.

Jangan ragu mematikan komputer ketika hendak pergi meninggalkan dan tidak menggunakan komputer. Contohnya jika meninggalkan komputer selama belasan menit hematlah dengan mematikan monitor. Sedang jika pergi selama dua jam, berhematlah dengan mematikan monitar dan CPU sekaligus. Sobat bisa memilih mematikan total atau sekedar standby atau hibernate.

3. Cabut semua colokan komuter saat komputer tidak terpakai.

Peralatan listrik termasuk komputer tetap mengonsumsi listrik ketika masih terhubung dengan sumber listrik. Karena itu bersikaplah hemat dengan mencabut semua colokan saat kompoter tidak terpakai.

4. Gunakan komponen komputer yang rendah konsumsi listrik.

Saat ini semakin banyak produk yang ramah lingkungan dan mempunyai daya konsumsi listrik yang lebih rendah. Contohnya adalah monitor LCD yang mampu menghemat listrik hingga antara 40-70 % dibandingkan dengan layar konvensional, monitor CRT. Jika mempunyai anggaran yang memadai kenapa tidak berpindah pada produk-produk semacam ini?.

5. Ajaklah teman sekitar untuk hemat listrik.

Ajaklah semua teman sobat untuk ikut menghemat listrik termasuk dalam pemakaian komputer. Jika teman satu kantor bisa sobat pengaruhi tentunya akan menjadi sebuah penghematan listrik yang spektakuler. Siapa tahu bos akan terkesan dan memberikan bonus jabatan.

Berkampanye hemat energi listrik melalui artikel di blog, seperti yang saya lakukan ini, paling tidak dapat memperbanyak jumlah postingan. Dari pada tidak laku menjadi juru kampanye (jurkam) pilkada lebih baik menjadi jurkam hemat listrik saat menggunakan komputer.

*Tulisan tentang cara menghemat konsumsi listrik saat menggunakan komputer ini terinspirasi dari postingan Kang Alwi (m-alwi.com) yang mengangkat tema serupa.

Leave a Reply

 
 

Blog Archive

Daftar Blog Saya

Blogger news