Jumat, 16 Maret 2012

Cara Pindah Dari Tumblr ke Hosting/Domain Sendiri


Sekarang Saya sudah punya blog di tumblr yang beralamat di http://uconalpukat.tumblr.com, tapi sekarang sudah dipindahin ke http://dream.furqanalfath.com. Blog ini bertema bahasa Inggris, ya pokoknya bahasa Inggris, dan berencana untuk tidak ngepost tulisan yang panjang setiap postnya. Anyway, kali ini Saya mau bahas tentang cara pindahin blog tumblr ke domain sendiri. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Sebetulnya bagi Kamu yang sudah advance dalam hal dunia website, cara ini sudah ada di help centernya tumblr. Tapi bagi Kamu yang belum advance, Saya kasih gambarnya sekalian, semoga lebih mudah dipahami.

*** Pengaturan di Hosting Sendiri ***

1. Saya anggep Kamu sudah punya hosting dan domain ya. Kalo belum silahkan beli di http://qwords.com , masterwebnet.com. Saya kasih rekomendasi dua aja, biar ga bingung.
2. Masuk ke cPanel kamu, biasanya domainkamu.com:2082.
3. Cari Simple DNS Zone Editor
Cara Pindah dari Blogspot Ke Hosting
4. Pilih domain yang mau Kamu atur.
5. a) Kalo kamu mau membuat website dengan domain utama. contoh : uconalpukat.com , furqanalfath.com atau contoh.com, Kamu harus masukin cName record ke domains.tumblr.com
Cara Pindah Dari Tumblr ke Hosting/Domain Sendiri
Hasilnya:
Cara Pindah Dari Tumblr ke Hosting/Domain Sendiri
Klik Cname record

5. b) Kalo kamu mau membuat website dengan sub-domain. Contoh : dream.furqanalfath.com , themes.uconalpukat.com. Kamu harus masukin A-record dengan ketentuan:
Name : nama blog Kamu (kalo Saya berarti www.dream.furqanalfath.com)
A-Record : 66.6.44.4 (Ini harus sama persis, copy paste aja)
Cara Pindah Dari Tumblr ke Hosting/Domain Sendiri
Klik Add a Record
6. Selesai, pengaturan di hosting dan domain Kamu sudah selesai

*** Pengaturan di Tumblr***

1.Login ke tumblr.
Cara Pindah Dari Tumblr ke Hosting/Domain Sendiri
2. Pilih blog Kamu, kalo Saya judul blognya "I have a Dream"
3. Lalu pilih settings.
4. Masukan domain yang sudah di setting tadi, kalo Saya berarti dream.furqanalfath.com.
Cara Pindah Dari Tumblr ke Hosting/Domain Sendiri
5. Scroll ke bawah dan klik Save!
6. Selesai, tunggu beberapa saat atau maksimal sampai 72 jam. :)

Untuk mengecek apakah domain Kamu sudah terhubung dengan benar dapat dites dengan mengklik Test Your Domain.


****
Setelah itu coba cek kembali website Kamu, dan sekarang domain dan hosting Kamu sudah terisi dengan blog dari tumblr.

***

Good Luck ya.

Bagikan post ini ke temen, kerabat, keluarga atau sahabat Kamu. Semoga bermanfaat ya.

Leave a Reply

 
 

Blog Archive

Daftar Blog Saya

Blogger news