Minggu, 18 Maret 2012

Berasal dari bahasa yunani, topos yang berarti tempat dan graphi yang berarti menggambar. Peta topografi memetakan tempat-tempat dipermukaan bumi yang berketinggian sama dari permukaan laut menjadi bentuk garis-garis kontur, dengan satu garis kontur mewakili satu ketinggian. Peta topografi mengacu pada semua ciri-ciri permukaan bumi yang dapat diidentifikasi, apakah alamiah atau buatan, yang dapat ditentukan pada posisi tertentu. Oleh sebab itu, dua unsur utama topografi adalah ukuran relief (berdasarkan variasi elevasi axis) dan ukuran planimetrik (ukuran permukaan bidang datar). Peta topografi menyediakan data yang diperlukan tentang sudut kemiringan, elevasi, daerah aliran sungai, vegetasi secara umum dan pola urbanisasi. Peta topografi juga menggambarkan sebanyak mungkin ciri-ciri permukaan suatu kawasan tertentu dalam batas-batas skala.

Peta topografi dapat juga diartikan sebagai peta yang menggambarkan kenampakan alam (asli) dan kenampakan buatan manusia, diperlihatkan pada posisi yang benar. Selain itu peta topografi dapat diartikan peta yang menyajikan informasi spasial dari unsur-unsur pada muka bumi dan dibawah bumi meliputi, batas administrasi, vegetasi dan unsur-unsur buatan manusia.


Sebagai seorang geograf, kehidupan kita tidak akan jauh dari yang namanya peta. Peta merupakan suatu alat yang sangat penting keberadaannya bagi seorang geograf, bahkan untuk semua orang. Jika tidak, maka akan seperti orang buta yang tidak punya tongkat dan tangan untuk meraba. Di dunia geografi, dikenal berbagai jenis peta. Namun peta yang sering digunakan adalah peta topografi dan peta geologi sebagai peta dasar untuk interpretasi bentuk lahan untuk berbagi kegiatan penelitian sumberdaya.
Gambar 1 : Peta Geologi Lembar Solo
Peta Topografi atau sekarang sering dikenal dengan Peta Rupa Bumi (RBI) ini memuat berbagai informasi di permukaan bumi. Berbagai instansi memerlukan peta tersebut, bahkan dikalangn militer peta topografi ini sangat penting dan harus dipahami secara benar oleh prajurit.
Gambar 2 : Peta RBI lembar Paranggupito
Adapun informasi yang tersaji dalam peta RBI ini antara lain yaitu bentukan permukaan bumi, dan lokasi absolut suatu tempat secara tepat berdasarkan koordinat geografis. Bentukan di permukaan bumi direpresentasikan melaui kenampakan dan kerapatan garis kontur, sehingga dapat diketahui kondisi geomorfologi yang meliputi morfometri dan morfografi maupun bentuknya. Peta topografi ini sering digunakan oleh para ahli geomorfologi dalam kegiatan pemetaan bentuklahan.
Selain peta topografi, peta geologi juga sangat penting bagi seorang geograf. Peta geologi ini memuat berbagi informasi antara lain : formasi geologi, stuktur geologi, umur geologi, penampang geologi dan sungai utama. Berbagai informasi geologi ini sangat diperlukan oleh berbagia instansi yang bekecimpung dalam ilmu kebumian. Perpaduan informasi dan data yang disadap dari peta topografi dan peta geologi ini sangat memudahkan seorang geograf ataupun para ilmuan kebumian dalam kerja lapangan


Silahkan di unduh siapa aja yg perlu peta topografi ini..

- GUNUNG SEMERU

- LUMAJANG & SEMERU

- GUNUNG ARJUNO

- GUNUNG BATUR

- ARGOPUROPETA KONTUR LABDASAR

- GUNUNG CIREMAI

- GUNUNG TANGKUBAN PERAHU

- GUNUNG GEDE PANGRANGO

- GUNUNG PAPANDAYAN

- GUNUNG GUNTUR

- GUNUNG KELUD

- BROMO TENGGER

- BROMO TOURISM MAP

- GUNUNG LAWU

- GUNUNG MERAPI

- RAUNG IJEN – 01

- RAUNG IJEN – 02

- GUNUNG SEMERU – 02

- GUNUNG SLAMET

- GUNUNG SUMBING

- LEMBAH BALIEM – 01

- LEMBAH BALIEM – 02

KOLEKSI LENGKAP PETA INDONESIA PERLOKASI

- EVEREST 01
- EVEREST 02
- EVEREST 03
- EVEREST 04

- DUDH KHOSI 1
- DUDH KHOSI 2
- DUDH KHOSI 3

- ISLAND PEAK
- ISLAND PEAK 1
- ISLAND PEAK 2
- ISLAND PEAK 3
- ISLAND PEAK 4

- KILIMANJARO 01
- KILIMANJARO 02
- KILIMANJARO 03
- KILIMANJARO 04
- KILIMANJARO 05
- KILIMANJARO 06
- KILIMANJARO 07
- KILIMANJARO 08
- KILIMANJARO 09
- KILIMANJARO 10
- KILIMANJARO 11
- KILIMANJARO 12
- KILIMANJARO ALL
- KILIMANJARO LEGEND

- CAIRNGORM MOUNTAIN – ENGLAND 01
- CAIRNGORM MOUNTAIN – ENGLAND 02
- CAIRNGORM MOUNTAIN – ENGLAND 03
- CAIRNGORM MOUNTAIN – ENGLAND 04
- CAIRNGORM MOUNTAIN – ENGLAND 05
- CAIRNGORM MOUNTAIN – ENGLAND 06
- CAIRNGORM MOUNTAIN – ENGLAND 07
- CAIRNGORM MOUNTAIN – ENGLAND 08

- FARTMOOR MOUNTAIN – ENGLAND 01
- FARTMOOR MOUNTAIN – ENGLAND 02
- FARTMOOR MOUNTAIN – ENGLAND 03

- DUDH KHOSI MOUNTAIN – NEPAL 01
-
DUDH KHOSI MOUNTAIN – NEPAL 02
-
DUDH KHOSI MOUNTAIN – NEPAL 03

- GOKYO – NEPAL 01
- GOKYO – NEPAL 02
- GOKYO – NEPAL 03
- GOKYO – NEPAL 04

PETA PROPINSI INDONESIA

silahkan pilih-pilih di SINI


Leave a Reply

 
 

Blog Archive

Daftar Blog Saya

Blogger news