Cuaca bisa berubah setiap saat. Iklim makin tak menentu sepanjang awal tahun ini. Siang kadang terasa terik, lantas sore harinya bisa berubah gelap dan turun hujan. Namun, situasi cuaca yang kadang tak bersahabat itu tak menciutkan semangat insan Allah di suatu sudut perempatan jalan itu. Di situ, kita bisa belajar tentang arti hidup. Sebab, di sanalah cinta ini dimulai.

Di perempatan jalan, tak jarang kita melihat gelandangan dan anak-anak jalanan berada di sudut traffict light. Ada yang memasang wajah iba meminta belas kasihan para pengendara yang kebetulan lewat. Ada pula yang gigih menjajakan koran dan majalah meski kadang kulit mereka terbakar panasnya matahari. Bagi pemerintah daerah setempat, keberadaan mereka dinilai mengganggu pemandangan dan kenyamanan. Karena itu, tak sedikit di antara pengemis jalanan tersebut kena garuk petugas ketertiban kota. Lantas, kita tak tahu bagaimana kelanjutan nasib mereka setelah itu.

Suatu siang, saya melintas di kawasan Jl Dr Soetomo, Surabaya. Cuaca yang panas makin membuat saya tak sabar menunggu tanda lampu hijau menyala. Sejenak perhatian saya tertuju pada bocah cilik sekitar lima tahun yang sibuk menjajakan koran di antara para pengendara. Saat menuju ke arah saya, anak tersebut menawarkan harian Surya. “Surya seribu, Pak,” kata bocah itu. “Tumbas (belilah) Pak, buat makan,” pintanya setengah merengek agar korannya saya beli.

Ya Allah, kalau sudah begitu, luluh hati ini tak tega untuk tidak membeli meski sebenarnya saya sudah membawa harian Jawa Pos. Bagaimana tidak, bocah ingusan yang seharusnya masih duduk di bangku TK itu sibuk berkelahi dengan waktu untuk tetap survive di kota metropolis seperti Surabaya ini. Dia terlalu kecil untuk mencicipi getirnya hidup di tengah jalan raya. Terlampau keras untuk merasakan sukarnya mencari uang dengan kerja keras bagi bocah seumuran dia.

Sebelum lampu hijau menyala, selembar uang seribu rupiah sudah tertukar dengan koran Surya. Sebenarnya, terlalu siang untuk bisa mendapatkan harian pagi Surya. Namun, bila menatap rona berseri dari raut muka anak kecil tersebut, hati saya gerimis. Berapa untung bocah itu dari penjualan koran seharga seribu? Jelas, jumlah pendapatannya dari tiap koran yang terjual tidak sebanding dengan kucuran keringat dan kerja kerasnya. Dia rela jual koran, tidak sekolah, serta terkena panas dan hujan hanya untuk bisa bertahan hidup. Loper koran cilik itu bukan pengemis meski dia berjualan dengan setengah merengek. Dia begitu hanya agar bisa makan pada hari itu. Allahu akbar! Namun, hukum alam terus berputar. Saya yakin, Allah adalah hakim paling adil. Tak perlu menuntut keadilan karena Allah sekaligus jaksa paling mulia.

Lampu hijau sudah menyala di saat saya ingin berlama-lama tertegun dengan semangat hidup anak itu. Semangat yang melecut saya agar tidak mudah mengeluh di saat menerima kesempitan. Ini bukan pelajaran yang sulit untuk dicerna dengan akal dan jiwa. Tapi, mencernanya pun membutuhkan sentuhan perasaan. Nurani harus lebih banyak bicara agar saya bisa menikmati semakin dalam pelajaran hidup dari bocah cilik tersebut.

Kendaraan saya mulai melaju meninggalkan perempatan jalan itu. Namun, lajunya agak lambat karena hati ini terasa berat untuk segera berpisah dengan anak kecil tersebut. Ingin rasanya menyampaikan terima kasih tanpa sepatah kata pun kepadanya. Mengapa? Sebab, bocah itu mungkin tak menginginkan kata-kata sebagai ungkapan terima kasih. Layaknya bocah tersebut, yang diinginkan oleh kaum bawah dan miskin memang bukan kata-kata, apalagi janji. Mereka butuh uang untuk beli makanan. Soal perhatian, mereka tak akan pernah memikirkan siapa memedulikan siapa. Sebab, mereka merasa cuma kaum pinggiran yang terbiasa tak diperdulikan penguasa. Yang penting hari ini bisa makan, soal besok itu perkara nanti, itulah harapan mereka.

Dan bocah penjual koran tersebut, dia jauh lebih mulia ketimbang orang yang malas berusaha. Lapangan kerja memang semakin sempit dan sulit dicari. Tapi, menjadi pengangguran karena gengsi dan malas adalah alasan yang sulit diterima. Sebab, dunia ini bukan ajang kontes menengadahkan tangan tanpa ada kemauan dan usaha. Rezeki tak datang cuma-cuma dari langit turun ke bumi. Sebab, sekarang adalah zamannya rezeki dijemput bukan ditunggu. Bocah itu telah membuktikannya lewat kerja keras ketimbang jadi peminta-minta.

Betapa uang seribu sangat berarti bagi kaum yang hidup di jalanan seperti bocah tersebut. Memang, Allah menciptakan orang kaya dan orang miskin agar kehidupan dunia ini seimbang. Agar manusia bisa saling berbagi. Sebab, rezeki tak bisa datang tiba-tiba tanpa ada usaha meski datangnya dari Tuhan yang mahakaya. Kita terkadang tak sulit mengeluarkan lembaran puluhan ribu bahkan ratusan ribu. Apalah artinya jikalau dengan uang seribu kita berbagi kasih dengan sesama yang kekurangan seperti bocah itu. Dengan seribu rupiah, kita tidak hanya berinvestasi. Namun, kita juga bisa mengolah hati dengan becermin pada semangat hidup kaum duafa.

“Dan bumi telah Dia bentangkan untuk makhluk-Nya. Di dalamnya ada buah-buahan dan pohon kurma yang mempunyai kelopak mayang dan bijian-bijian yang berkulit dan bunga-bunga yang harum baunya. Maka, nikmat Tuhan-mu yang manakah yang kamu dustakan?” (QS: Ar-Rahman: 10-13).

***

Dari Sahabat