Minggu, 12 Mei 2013

Perhitungan cadangan metode triangular gruping




I.       Pendahuluan
Klasifikasi Sumberdaya Dan Cadangan
Perubahan nilai dari sumberdaya ( resources ) menjadi cadangan (reserves) menggambarkantingkatan nilai suatu endapan mineral yang dapat ditambang secara ekonomis dalam ini faktor-faktor yang berpengaruh adalah kemajuan teknologi, tingkat harga pasar, pengembangan pengetahuan geologi, dan sebagainya. Kenaikan tingkat keyakinan geologi endapan mineraldigambarkan sebagai sektor mendatar dari kiri ke kanan mulai dari sumberdaya spekulatif sampaiketingkat terukur. Kenaikan tingkat kelaksanaan ekonomi sebagai sektor tegak dari bawah ke atasmenggambarkan kelayakan ekonomi yang dalam penetapan klasifikasinya dipengaruhi oleh beberapa variable antara lain tonnage, kadar/grade, main recovery, smelter recovery, harga pasar,dan lain-lain.
1. Sumberdaya (Resources)
 Sumberdaya (resources) adalah longgokan atau akumulasi mineral yang terdapat di dalam atau di permukaan yang dari padanya dapat diperoleh komoditas mineral yang bernilai ekonomis.1.

Sumberdaya Teridenfikasi (  Identified Resources) adalah endapan mineral yang teridentifikasi baik jenis, bentuk, kedudukan maupun kualitas dan kuantitasnya. Endapan tersebut dikenalisecara nyata karena petunjuk geologi yang didukung oleh hasil percontohan dan pengukurandapat diandalkan.2.
Sumberdaya tidak Teridenfikasi (Undiscovered Resoueces) adalah endapan mineral yangdinyatakan baik bentuk, kedudukan, maupun kualitas dan kuantitasnya keterjadiannya hanyadiperkirakan teori secara garis besar
2. Cadangan (Rerserves)
Cadangan (Reserves) adalah bagian sumberdaya yang teridentifikasi yang dari padanya dapatdiperoleh komoditas mineral secara ekonomis.1.

Cadangan Tereka/Posible ( Infered Reserves) adalah cadangan yang kualitas dan kuantitasnyaditentukan berdasarkan kepada sebagian besar pengetahuan atau petunjuk geologi dansebagian kecil kepada hasil pengukuran nyata.2
.

Cadangan Teridentifikasi/Probable (  Indikated Reserves) adalah cadangan yang kualitas dankuantitasnya ditentukan berdasarkan sebagian hasil pengukuran nyata dan sebagian lagi berdasarkan pengetahuan dan petunjuk geologi.

Cadangan Terukur/Proved (Measured Reserves) adalah cadangan yang kualitas dankuantitasnya ditentukan berdasarkan sebagian besar hasil pengukuran nyata dan pemercontohan serta sebagian kecil dari pengetahuan geologi.
Konsep Perhitungan Cadangan
Konsep perhitungan cadangan merupakan suatu faktor yang paling penting dalam suatu proses penghitungan cadangan, sehingga konsep tersebut haruslah jelas dan dimengerti dengan baik sebelum melakukan penghitungan itu sendiri. Beberapa konsep yang pernah dipikirkan oleh paraahli tentang cadangan mineral yaitu :
1.      Earth crust  concept 
2.      Geologic concept 
3.      Economic concept
4.      Mining economy concept 
5.      Mineral deposit concept 

 Didalam proses perhitungan cadangan mineral, ada jenis-jenis endapan mineral yang mempunyairesiko kesalahan tinggi dan ada pula jenis-jenis endapan mineral yang mempunyai resikokesalahan rendah, seperti :

1.  Jenis endapan vein terbentuk setelah pembentukan batuan samping, mineral terdapat dalam bentuk spot, tersebar tidak merata, tidak memperlihatkan tendency geometrik , sulit dievaluasi(memiliki resiko kesalahan tinggi), cadangan biasanya berskala kecil.
2.  jenis endapan strataform , terbentuk bersamaan (contemporaneous) denganpembentukan batuan samping, areal uniformity dan lateral  persistencelebih luas, lebih mudah dievaluasi,cadangan biasanya berskala besar.
3. Jenis endapan massive/  d essiminated /porphyry terbentuk bersamaan dengan pembentukan batuan pembawa mineral, penyebaran kadar kompleks, kadar sulit dievaluasi (resikokesalahan tinggi), cadangan biasanya berskala besar.
4. Jenis-jenis endapan lain seperti endapan surficial, evaporate dan batubara, karena geometri dankadarnya kurang kompleks, maka mempunyai resiko kesalahan yang lebih kecil dalam perhitungan cadangannya. Endapan alluvial/stream channel sering memperlihatkan geometri penyebaran mineral yang kompleks sehingga sulit dievaluasi.
II. Metode triangular Grouping
Pada cara ini setiap blok dibentuk oleh
3(tiga) titik bor terdekat sedemikian hingga secara tigadimensi blok tersebut berbentuk prisma terpancung dengan sisi prisma adalah kedalaman ketigatitik bor tersebut.Titik 1, 2,3akan merupakan penentu besarnya cadangan, jika pembobotan pada titik-titik tersebut sama setiap perhitungan blok (titik 1 akan dipakai 6 kali).Jika harga titik-titik 1, 2 dan3 tersebut besar, maka hasil perhitungan akan membesar ( over  estimate), demikian pula sebaliknya ( und er  estimate) Volume blok dihitung dengan mengalikan luas penampang prisma terpancung dengan tebal rata-rata blok
[(t1+ t2+ t3) /3]
 Sedangkan kadar rata-rata blok
g’ = g1 t1+ g2 . t2 + g3 . t3
               t1+ t2 + t3
dihitung sebagai berikut :Dimana :
 g’ = kadar rata-rata per blok 
g = kadar tiap titik bor 
t = tebal ore tiap titik bor 
Cadangan endapan diperoleh dengan menjumlahkan seluruh tonase tiap blok, sedangkan kadar rata-ratanya dihitung memakai pembobotan tonase

Leave a Reply

 
 

Daftar Blog Saya

Blogger news