Senin, 10 September 2012

Buah Pisang


pisang

Mengandung tiga jenis gula alami – Sukrosa, Fruktosa dan Glukosa- yang dikombinasikan dengan FIBER, memberikan tambahan sokongan energi yang langsung cukup banyak.

Penelitan telah membuktikan bahwa dengan hanya dua buah pisang mendukung energi yang cukup untuk kuat selama 90 menit. Tidak heran mengapa pisang merupakan buah nomor satu yang banyak dikonsumsi oleh atlit dunia.

Namun bukan hanya energi yang dihasilkan, buah pisang diperlukan untuk menambah diet harian kita, dapat menjaga tubuh selalu fit, dan membantu mencegah beberapa penyakit, antara lain :

1. Depresi

Berdasar survey terbaru oleh “MIND” terhadap orang yang mengalami Depresi, banyak yang terbantu setelah mengkonsumsi buah pisang. Oleh karena pisang mengandung Tryptphan, sejenis protein yang diatur tubuh menjadi Serotonin, diketahui dapat membawa efek relax, menambah suasana hati pada umumnya menjadi lebih baik.

2. PMS (Sindrom yang terjadi pada banyak wanita mulai 2 s/d 14 hari sebelum menstruasi)

Lupakan obat-obatan – makanlah buah pisang. Vitamin B6 yang terkandung mengontrol tingkat glukosa darah, yang dapat mempengaruhi kondisi tubuh lebih baik.

3. Anemia (Kekurangan darah)

Tinggi zat besi, buah pisang dapat merangsang produksi hemoglobin (sel darah merah) dan membantu kasus penyakit Anemia

4. Tekanan Darah

Buah unik tropis ini mengandung zat potassium yang cukup tinggi dan rendah garam, membuat tekanan darah menjadi lebih baik. Dan banyak lagi, sebuah perusahaan Makanan dan Obat-obatan di Amerika Serikat mengklaim buah pisang dapat mengurangi resiko dari tekanan darah tinggi dan penyakit Stroke

5. Vitamin/Energi untuk Otak

200 orang pelajar sekolah di Twickenham (Middlesex) terbantu dalam ujian mereka tahun ini setelah setiap sarapan, istirahat dan makan siang selalu mengkonsumsi buah pisang sebagai pemacu kekuatan b erpi kir mereka. Penelitian juga memperlihatkan bahwa buah yang disertai zat potassium dapat membantu otot mata menjadi lebih awas..

6. Sembelit

Tinggi kadar fiber, dapat membantu program diet untuk mengempiskan bagian perut, membantu mengatasi masalah kegemukan tanpa efek samping.

7. Rasa Sakit

Salah satu cara mudah/cepat mengobati rasa sakit adalah dengan membuat jus buah pisang dengan milkshake, ditambahkan dengan madu. Buah pisang meredakan sakit perut dan dengan ditambah madu dapat mengurangi kadar gula, ditambah susu selain menyegarkan juga membantu proses rehidrasi sistem tubuh.

8. Sakit Jantung

Buah Pisang memiliki zat asam semut (penetral asam) yang alami terhadap tubuh, dan jika anda menderita karena ada bagian yang sakit pada jantung, coba untuk makan pisang untuk meringankan rasa sakit tersebut.

9. Rasa nyeri dipagi hari

Makan buah pisang setelah sarapan membantu kadar gula anda untuk mengurangi rasa sakit atau pegal sewaktu bangun pagi

10. Gigitan nyamuk

Sebelum menggunakan cream oles anti gigitan serangga, coba olesi bagian yang terkena gigitan tersebut dengan bagian dalam kulit pisang. Banyak orang telah membuktikan sendiri bahwa kulit buah pisang dapat mengurangi pembengkakan dan iritasi pada bagian kulit yang telah digigit oleh serangga.

11. Urat syaraf

Buah pisang tinggi kadar vitamin B yang membantu menenangkan sistem Urat Syaraf

12. Kelebihan berat badan dan beban pekerjaan

Studi pada Institut Psikologi di Austria menemukan bahwa tekanan pada pekerjaan mendorong kita untuk mengkonsumsi (lebih senang memakan) snack, coklat, keripik dan sebagainya. Memperhatikan dari 5000 pasien rumah sakit, ditemukan bahwasanya kebanyakan dari kasus obesitas (kegemukan) disebabkan oleh tekanan pekerjaan. Hasil laporan menyimpulkan bahwa untuk menghindari kecanduan makanan tersebut, kita perlu mengendalikan kadar gula darah kita dengan makanan ringan yang tinggi karbohidrat setiap 2 (dua) jam untuk menjaga kadar gula tersebut stabil

13. Pencernaan

Pisang digunakan sebagai makan diet mencegah gangguan pencernaan dikarenakan lembut dan halusnya susunan dan tekstur buah pisang. Hanya buah mentah inilah yang dapat langsung dapat dimakan tanpa harus susah2 mengolahnya. Dan juga menetralisir kelebihan zat asam dan mengurangi iritasi dengan melapisi bagian dalam perut kita.

14. Pengendalian suhu

Banyak pendapat yang menyatakan bahwa buah pisang ini sebagai penyejuk/penyegar yang dapat mengurangi baik secara fisik maupun emosional calon Ibu. Di negara Thailand sebagai contoh, wanita hamil memakan pisang untuk memastikan bahwa bayi yang akan lahir dengan kondisi SAD yang terkendali ( SAD = gangguan/kecemasan sang calon ibu). Buah pisang membantu penderita SAD karena mengandung Zat alami Tryptophan = asam amino yang mengandung protein untuk pertumbuhan dan metabolisme yang normal sebagai penghasil niasin (niasin : vitamin A, B untuk fungsi normal system syaraf pembuangan)

15. Merokok

Buah pisang dapat membantu orang yang akan berhenti merokok, karena kandungan vitamin B6 dan B12 dan juga kandungan potasium dan magnesium membantu tubuh mencegah efek dari gangguan akibat zat Nikotin

16. Stres

Potasium merupakan mineral penting yang dapat menormalkan detak jantung, mengirim oksigen ke otak dan mengendalikan kadar cairan tubuh. Saat kita sedang mengalami STRES (gangguan pikiran yang dapt mengakibatkan gangguan badan), tingkat metabolisme mjd naik, dan karenanya terjadi pengurangan kadar potasium. Ini dapat dikendalikan dengan makanan ringan dari pisang yang kaya dgn kadar potasiumnya

17. STROKE (jenis penyakit yang diakibatkan kehilangan fungsi dari anggota atau bagian lain tubuh saat aliran oksigen dalam darah menuju otak terganggu)

Menurut penelitian “Jurnal Medis di Inggris”, memakan buah pisang adalah bagian dari program Diet yang dapat mengurangi resiko kematian akibat Stroke sebanyak 40%.

Oleh karena itu memakan buah pisang merupakan pengobatan alami untuk berbagai penyakit. Saat dibandingkan dengan buah apel, pisang memiliki 4 kali lipat protein, 2 kali lipat zat karbohidrat, 3 kali lipat fospor, 5 kali lipat vitamin A dan zat besi, 2 kali lipat mineral dan vitamin lain. Juga kaya kadar potasium dan merupakan buah terbaik yang mudah didapat. Mungkin dapat dikatakan “Buah Pisang Membuat Kita Jauh Dari Dokter” karena kita selalu sehat.

***

Leave a Reply

 
 

Blog Archive

Daftar Blog Saya

Blogger news